Rabu, 13 Agustus 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin juga sangat diperlukan tubuh terutama dalam menjaga kesehatan, salah satunya adalah Vitamin B. Vitamin B sendiri terdiri dari beberapa macam, seperti Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B7, Vitamin B9, Vitamin B12, yang bisanya disebut vitamin B kompleks.

Manfaat dan Fungsi Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin yang satu ini berguna untuk metabolisme tubuh karena sifatnya larut dalam air. Untuk manfaat lainya, berikut manfaat Vitamin B yang perlu diketahui.

Manfaat dan Fungsi Vitamin B Bagi Tubuh Manusia


1. Meningkatkan Daya Ingat
Bagi Anda yang masih anak-anak ataupun sudah dewasa, sebaiknya biasakan mengonsumsi Vitamin B. Fungsi Vitamin ini sebagai penambah daya ingat sehingga sangat bermanfaat bagi yang masih dalam proses belajar. Jika kekurangan maka akan muncul Homosistein, yang mana merupakan sebuah senyawa asam amino yang bersifat racun yang menyerang sel-sel saraf sehingga menyebabkan seseorang mudah lupa.

2. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit
Anda pernah melihat seseorang yang masih muda namun rambut mereka sudah penuh uban? hal ini bisa disebabkan kekurangan vitamin B. Selain hal tersebut, dapat juga menyebabkab kulit berminyak, kulit kering dan kusam, munculnya ketombe, dan menjadikan bibir pecah-pecah. Jika dibiarkan, dapat mengakibabkan penyakit lain seperti penuaan dini.

3. Meningkatkan Produksi Energi
Kurangnya vitalitas tubuh dan tubuh mudah lelah saat melakukan suatu aktivitas, hal ini disebabkan tubuh kekurangan energi. Maka dari itu vitamin ini sangat berguna sekali karena mempunyai kandungan karbohidrat, sehingga dapat menghasilkan energi yang diperlukan tubuh dalam beraktivitas.

4. Menjaga Sistem Pencernaan
Dalam sistem pencernaan, Vitamin B kompleks berperan dalam memproduksi asam klorida untuk menghilangkan lemak. Untuk itu, konsumsilah buah-buahan agar saluran percernaan Anda menjadi lancar.

5. Menjaga Kesehatan Kandungan
Sebagai salah satu untuk mengantisipasi cacat bawaan pada bayi, sebaiknya konsumsi Vitamin B9 secara cukup saat sedang mengandung dan sesudah melahirkan. Vitamin B9 ini sangat penting bagi Ibu yang sedang hamil karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin serta perkembangan DNA calon bayi.

Makanan Sumber Vitamin B



  • Vitamin B1 (tiamin) terdapat pada, jagung manis, roti, sayuran hijau, sereal gandum, daging merah, kuning telur, kacang-kacangan, ragi, beras merah, buah-buahan.

  • Vitamin B2 (riboflavin) terdapat pada, keju, gandum, kacang polong, daging, susu dan telur.

  • Vitamin B3 (niacin, asam nicotinic dan nicotinamide) terdapat pada, susu, kentang, kacang-kacangan, daging dan ikan.

  • Vitamin B5 (asam pantotenat) terdapat pada, sereal gandum serta kacang-kacangan.

  • Vitamin B6 (pyridoxine, pyridoxal, dan pyridoxamine) terdapat pada, hati, daging, mentega, beras merah, ikan, sereal gandum dan kedelai.

  • Vitamin B7 (biotin) terdapat pada, gandum, sayuran hijau, hati dan kuning telur.

  • Vitamin B9 (asam folat) terdapat pada, hati, sereal gandum dan sayuran hijau.

  • Vitamin B12 (berbagai cobalamins) terdapat pada, unggas, daging, susu, hati dan kuning telur.


 

Demikianlah beberapa Manfaat Vitamin B bagi kesehatan yang harus terpenuhi tubuh dalam setiap hari nya. Dan baca juga artikel lainya, manfaat Vitamin A bagi tubuh.

2 komentar:

  1. […] Menggunakan Madu dan Air Jeruk Kedua bahan ditas merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh, namun kali ini Anda tidak perlu mengkonsumsinya. Karena campuran […]

    BalasHapus
  2. […] Salah satu vitamin yang terdapat pada beras merah adalah vitamin B6. Seperti kita ketahui, vitamin ini berguna untuk membantu pembentukan sel DNA, menjaga produksi […]

    BalasHapus