Minggu, 20 Juli 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin A mempunyai peran sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sebab jika kekurangan maka tubuh akan mudah terkena penyakit salah satunya masalah penglihatan. Vitamin yang mempunyai ciri larut dalam lemak, dalam ilmu kimia memiliki rumus C20H30O dan digolongkan dalam kelompok senyawa retinil, retinol, palmitat dan asetat.
Manfaat dan Fungsi Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin A juga mudah didapatkan dari menu makanan yang kita konsumsi, jika tubuh kekurangan Vitamin A maka akan mengalami hal sebagai berikut.

Tanda-tanda tubuh kekurangan Vitamin A



  • Rusaknya retina pada mata

  • Menurunnya kemampuan sel basilus pada saat senja

  • Kornea mata menjadi kering karena terganggunya kelenjar air mata

  • Rusaknya kornea mata akibat kurangnya produksi minyak meibom

  • Menjadikan kulit mudah bersisik karena terganggunya pembentukan epitel kulit

  • Pendarahan terjadi di selaput ginjal, usus, paru-paru akibat rusaknya epitel organ

  • Proses pertumbuhan terhenti


Manfaat Vitamin A bagi Kesehatan


1. Mencegah kanker
Vitamin A mempunyai peran dalam mencegah munculnya sel kanker p4yudara yang kerap dialami wanita. Meskipun tidak berperan langsung, namun asam retinoat atau retinol yang dimiliki Vitamin A akan menghambat terjadinya pertumbuhan jaringan kanker tersebut.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh memang penting bagi kesehatan, agar tidak mudah sakit. Dengan demikian, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, tubuh akan mendapatkan antidioksida karena adanya retinil asetat dan retinil. Retinil asetat dan retinil berguna bagi tubuh agar terhindar dari infeksi, virus dan bakteri.

3. Menjaga kesehatan kulit
Selain Retinil asetat dan retinil tadi, pada Vitamin A ini masih terdapat senyawa Beta Karotin sebagai antioksidan. Beta Karotin berguna untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit kanker dan dapat mencegah sel kulit mati. Dengan adanya antioksidan tersebut, berguna juga untuk mencegah penuaan dini.

4. Menjaga kesehatan mata
Tanpa di ragukan lagi, inilah manfaat Vitamin A yang paling terkenal. Hal ini terjadi karena adanya kandungan senyawa retinol yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata.

Guna mendapatkan hasil dari Vitamin A, Anda harus mengkonsumsi berbagi macam makanan yang terdapat pada sumber hewani maupun nabati.

  • Sumber Vitamin A Nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan: bayam, kakung, tumput laut, daun jambu biji, jambu mete, apel, daun kacang panjang, papaya, sawi, wortel, dan lainya.

  • Sumber Vitamin A Hewani berasal dari hewan : daging ayam, daging bebek, jeroan hati sapi, telur ayam, ikan baronang, ikan gabus, dan lainya.


Demikianlah sedikit ulasan tentang Manfaat Vitamin A bagi tubuh yang harus terpenuhi setiap hari nya agar menjadikan tubuh sehat. Selain itu baca juga cara menghilangkan lemak pada tubuh, terimakasih.

3 komentar:

  1. […] Demikianlah beberapa Manfaat Vitamin B bagi kesehatan yang harus terpenuhi tubuh dalam setiap hari nya. Dan baca juga artikel lainya, manfaat Vitamin A bagi tubuh. […]

    BalasHapus
  2. […] tersebut bermanfaat dalam kesehatan mata, seperti mencegah terjadinya penyakit mata. Zat gizi dan vitamin A pada sayuran dan buah memang tidak dapat mengobati kebutaan, namun senyawa tersebut dapat mencegah […]

    BalasHapus
  3. […] Manfaat Vitamin A Memang benar jika berat badan masih menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Apalagi saat ini trend fashion memuja wanita dengan tubuh super langsing atau bahkan bisa dikatakan kurus. Lihat saja para model fashion yang memperagakan busana wanita, bahkan dalam benak Anda terbersit bahwa mereka bisa saja tak pernah menyentuh makanan yang ada di atas piring mereka. Awalnya mungkin Anda akan mencibir mereka, namun tanpa Anda sadari saat ini Anda sudah mulai mengatur menu makanan dan berusaha menjadi langsing. […]

    BalasHapus