Kamis, 14 Agustus 2014

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh

Jika mendengar kata buah jeruk, pikiran kita akan langsung tertuju pada vitamin C. Memang benar adanya, sebab jeruk penghasil vitamin C yang sangat baik bagi tubuh, namun Anda jangan melupakan buah lainya seperti pepaya, lemon, jambu, dan sebagainya. Vitamin dengan nama lain asam askrobat ini berguna bagi tubuh untuk melawan dan menagkal radikal bebas.

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia

Bukan hanya itu saja manfaat Vitamin C yang di dapat, namun sebelum membahas manfaatnya, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu ketika tubuh kekurangan vitamin C.

Gejala tubuh kekurangan vitamin C ditandai dengan :



  • Kurangnya nafsu makan

  • Kulit menjadi kering

  • Kram pada otot

  • Kekurangan darah merah

  • Rambut bercabang

  • Gusi berdarah

  • Mudah infeksi


Namun jika tubuh kelebihan vitamin C maka akan ditandai dengan meningkatnya asam lambung dan menyebabkan Diare. Bagi Anda yang sudah penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C yang harus kita ketahui.

Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh :


1. Melawan Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan, ketika orang yang banyak mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari buah maupun sayuran, resiko terserang kanker sangat rendah. Yang perlu diketahui, vitamin C yang dikonsumsi bukan dalam suplemen.

2. Mengatasi Flu
Sangat menjengkelkan jika kita terkena flu, dengan demikian dapat dipastikan kekebalan tubuh sedang terpuruk. Untuk mengatasinya, diperlukan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin C guna mempercepat penyembuhan.

3. Sistem Kekebalan Tubuh
Sudah disebutkan diatas, Vitamin C berguna sebagai Antioksidan yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan bakteri, virus, radikal bebas dan mengurangi resiko stroke.

4. Mengurangi Efek Penuaan
Setiap hari nya kulit terkena radikal bebas yang disebabkan oleh matahari. Dengan mengkonsumsi vitamin C yang cukup, tubuh memiliki antioksidan dalam menangkal radikal bebas sehingga mampu mengurangi efek penuaan.

5. Penyakit Mata
Kekurangan viamin C akan berakibat buruk bagi kesehatan mata karena mengakibatkan Lensa mata memburam, sehingga penyakit katarak sedang mengintai Anda.

6. Kesehatan Kulit
Vitamin C bermafaat untuk melancarkan peredaran darah, merangsang pembentukan kolagen kulit dan menjaganya dari kerusakan. Sihingga dengan mengkonsumsi yang cukup akan menjadikan kulit tubuh terlihat lebih segar.

7. Menghilangkan Rasa Gelisah
Makanan Cokelat berperan menghilangkan rasa gelisah, selain itu vitamin C juga mempunyai peran demikian. Berdasarkan peneliti dari McGill University, dengan mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 mg dalam dua kali sehari, dapat membuat suasana hati lebih baik.

 

Bagaimana? banyak sekali bukan manfaat dan fungsi vitamin C bagi tubuh. Jika Anda menginginkan manfaat tersebut, konsumsilah sayuran dan buah -buahan agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

2 komentar:

  1. […] Mencegah kanker Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah nanas berguna sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Sudah kita ketahui […]

    BalasHapus
  2. […] masih tidak mempercayai manfaat tersebut. Perlu Anda ingat, daun salam ini mempunyai kandungan Vitamin C dan B kompleks yang berguna bagi kesehatan tubuh. Untuk lebih jelas manfaatnya, berikut adalah […]

    BalasHapus