Rabu, 13 Agustus 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Memiliki rambut yang mudah rontok merupakan sesuatu yang sangat menjengkelkan bagi seseorang. Rambut sendiri merupakan salah satu hal yang menjadikan wanita nampak cantik, maka dari itu rambut harus di jaga agar tidak mudah rontok. Selain itu, rambut mempunyai fungsi untuk melindungi kulit kepala dari terik matahari dan yang lainya. Apa jadinya jika seseorang tidak mempunyai rambut, yang pasti orang tersebut akan menjadi kurang percaya diri.

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok

Dengan demikian, Anda diwajibkan merawat rambut agar terhindar dari masalah rambut seperti, rambut berketombe, rambut rontok dan sebagainnya. Tapi Anda harus mengetahui terlebih dalulu beberapa faktor yang dapat membuat rambut mudah rontok.

 

Penyebab Rambut Rontok


1. Faktor Keturunan
Keturunan atau genetik merupakan faktor penyebab yang mungkin sulit untuk dihindari, cara pencegahanya dengan memperlambat proses kerontokan itu sendiri.

2. Faktor Obat
Jika terlalu berlebihan dalam menggunakan obat dalam perawatan rambut biasanya dapat menyebabkan kerontokkan rambut. Maka dari itu, jangan selalu mengandalkan bahan - bahan tersebut.

3. Faktor Hormon
Ketidak seimbangnya hormon sering dialami pada wanita hamil dan sesudah melahirkan. Dengan adanya asupan gizi dan nutrisi yang cukup, kerontokan rambut akan dapat dicegahnya.

4. Faktor Penyakit
Dalam kesehatan, Diabetes dan lupus merupakan penyakit yang berbahaya. Selain itu, penyakit tersebut dapat menjadi penyebab rambut rontok.

5. Kekurangan kalori dan nutrisi
Seseorang yang menjalani program diet, biasanya tubuh akan kekurangan kalori, protein dan nutrisi. Untuk mengatasinya, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi agar rambut tetap sehat.

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut mengalami kerontokan, adapun berikut ini cara mengatasinya rontok.

 

Cara Mengatasi Rambut Rontok


1. Menggunakan Lidah buaya
Siapa yang tidak kenal dengan tanaman ini, dari dahulu Lidah buaya sudah dipercaya untuk kesehatan rambut. Cara menggunakannya hanya mengambil daging lidah buaya lalu digunakan sebagai pengganti sampo disetiap kali keramas. Saat rambut masih setengah kering, oleskan lidah buaya tersebut sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih.

2. Menggunakan Madu
Selain bergunaka untuk menjaga kesehatan tubuh, madu juga dikenal dalam hal menyuburkan rambut dan menguatkan akar kuat. Cara menggunakannya dengan mengoleskan madu pada permukaan kulit kepala sambil melakukan pemijatan selama 10 menit. Lakukan cara tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Teh hijau
Kandungan antioksidan pada Teh hijau bermanfaat untuk mencegah rambut rontok, mempercepat pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut. Seduh teh hijau dengan menggunakan air panas, kemudian diamkan selama semalaman agar teh menjadi basi. Selanjutnya air teh tersebut digosokkan ke seluruh permukaan kulit kepala, dan cara ini dilakukan sebelum keramas.

4. Menggunakan Daun seledri
Kandungan vitamin, zat besi, natrium dan kalsium pada seledri bermanfaat untuk menjadikan rambut sehat, lebih kuat dan tampak berkilau. Ambil beberapa batang seledri dan blender dengan telur sampai tercampur dengan rata. Setelah itu oleskan pada rambut secara perlahan sambil melakukan pemijatan. Selanjutnya diamkan sekitar 20-30 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih.

 

Itulah sedikit ulasan tentang penyebab rambut rontok dan tips mengatasi rambut rontok dengan bahan alami. Yang terpenting, rawat rambut secara tepat agar terhindar dari masalah rambut lainnya. Baca juga tips meluruskan rambut keriting, terima kasih dan semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. […] Nah, itulah sedikit artikel tentang tips cara memanjangkan rambut secara alami. Selain itu, baca juga cara mengatasi rambut rontok. […]

    BalasHapus