Sabtu, 16 Agustus 2014

Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Buah nanas dapat diibaratkan sebagai raja buah, karena adanya mahkota pada buah ini. Awal mulanya, Buah nanas berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay, sekarang ini pun sudah tersebar di penjuru Dunia. Buah dengan nama latin (Ananas comosus (L.) Merr.) mudah dibudidayakan dan perawatanya juga tidak terlalu sulit. Anda harus berhati - hati jika akan memegang buah ini, dikarenakan adanya semacam sirip pada kulitnya yang cukup tajam.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Di Indonesia, buah nanas sudah dijadikan berbagai macam olahan sebelum di jual belikan, seperti dijadikan selai, manisan, keripik dan atau pun dimakan langsung. Tentu saja karena nanas mempunyai banyak manfaat dan berkhasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Adapun manfaat nanas dari segi medis dan tradisional, dapat Anda simak sebagai berikut.

Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan dan Kecantikan


1. Mengobati cacingan
Penyakit cacingan kerap di alami oleh anak-anak, penyakit ini menggangu nafsu makan anak sehingga dapat menghambat pertumbuhanya. Anda sebagai orang tua harus pandai mencari solusinya untuk mengatasi penyakit tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan khasiat buah nanas. Caranya, kupas terlebih dahulu buah nanas yang masih muda, selanjutnya cuci sampai bersih dengan air hangat. Parut nanas tersebut dan peras untuk diambil aair nya, air hasil perasan dapat langsung diminum bagi penderita cacaingan.

2. Perut kembung
Ketika terjadi gangguan pada sistem pencernaan, perut terasa kembung dan dapat menggangu nafsu makan. Dengan demikian, jika Anda sedang mengkonsumsi makanan akan terasa kenyang walaupun cuma makan sedikit. Cara mengatasinya, buat lah jus nanas dan minum jus tersebut 3 kali/hari saat sebelum makan.

3. Mempercepat penyembuhan luka
Jika Anda atau orang dekat mengalami lebam, kesleo dan memar, gunakan buah nanas sebagai alternatif pengobatan karena terdapat Enzim Bromelain. Parut nanas yang sudah matang, lalu kompreskan pada orang yang mengalami lebam, memar, gatal, luka bakar, penyakit bisul dan mengatasi peradangan kulit.

4. Memperlancar pencernaan
Selain menyembuhkan luka, Enzim Bromelain dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Dengan manfaat seperti itu, percernaan menjadi lancar dan terhindar dari sembelit.

5. Memperlancar haid
Manfaat yang ini hanya berguna bagi wanita, yang berguna untuk memperlancar haid. Untuk memperoleh khasiatnya, Anda harus mengkonsumsi nanas muda, namun jangan pernah sekalipun dikonsumsi oleh wanita yang hamil.

6. Menambah gula darah
Mengkonsumsi nanas sangat baik bagi seseorang yang mempunyai kadar gulanya rendah, karena tingginya kadar gula pada buah nanas.

7. Mencegah kanker
Kandungan vitamin A dan vitamin C pada buah nanas berguna sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Sudah kita ketahui bersama, radikal bebas merupakan faktor utama penyebab sel kanker pada tubuh.

Dibalik segudang manfaat dan khasiat buah nanas, ternyata juga menyimpan sesuatu yang harus dihindari sebelum mengkonsumsinya.

Gejala Mengkonsumsi Buah Nanas :



  • Bagi wanita yang sedang hamil, dilarang keras mengkonsumsi buah nanas. Karena nanas dapat berpotensi sebagai penggugur kandungan.

  • Nanas dapat memicu terjadinya rematik Gout, karena didalam tubuh difermentasi menjadi alkohol. Bagi penderita rematik dan radang sendi, jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

  • Bagi penderita diabetes dan kencing manis, jangan mengkonsumsi terlalu banyak. Sebab, kandungan gula yang terdapat pada nanas sudah cukup tinggi.

  • Bagi yang mudah alergi, setelah makan nanas kadang mengalami rasa gatal dimulut dan pada lidah. Maka itu, rendam daluhu dengan air garam sebelum Anda mengkonsumsinya.


Demikianlah manfaat dan khasiat buah nanas yang perlu diketahui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar