Jumat, 15 Agustus 2014

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Banyak khasiat yang dimiliki pepaya, namun banyak orang yang tidak menyadari akan hal tersebut. Buah dengan nama latin (Carica papaya L.) ini awalnya dari Negara Meksiko, lambat laun buah ini sudah menyebar di berbagai Negara yang bersuhu tropis. Bagi orang Indonesia tidak sulit menemukan buah ini, karena memang mudah tumbuh dimana saja dan harganya tidak mahal, sehingga dapat dikatakan buah rakyat. Walaupun demikian, Anda jangan pernah menganggap remeh dengan buah ini sebelum Anda tahu manfaat buah pepaya.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat buah pepaya tergolong komplit, karena banyaknya Nutrisi, Vitamin dan dapat berperan sebagai antioksidan. Selain itu, pepaya juga dijadikan sebagai bahan tambahan pembuatan kosmetik. Dan yang terpenting sebagai buah yang dapat dijadikan penunda lapar. Untuk lebih jelasnya, simak khasiat buah pepaya berikut ini.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Membantu kesehatan mata
Anda punya masalah dengan penglihatan? jika tidak suka wortal, Anda dapat mengkonsumsi pepaya. Kandungan Betakaroten dan Vitamin A berperan dalam kesehatan mata.

2. Melancarkan sistem pencernaan
Pepaya sangat baik bagi sistem pencernaan karena kaya akan serat, serta papain dan enzim pepaya dapat membunuh virus, bakteri dan membersihkan pencernaan. Sehingga sistem pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari sembelit dan diare.

3. Menjaga kesehatan rambut
Selama ini orang hanya mengenal sampo, lidah buaya yang berguna untuk merawat kesehatan rambut. Dalam penggunaanya, haluskan buah pepaya lalu dioleskan pada rambut.

4. Menyembuhan luka
Jika Anda mengalami luka akibat kena pisau atau goresan pada kulit, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai obat tradisional. Kulit pepaya bermanfaat dalam meyembuhkan luka, dengan mengoleskan kulit pepaya yang masih ada getah pada daerah yang luka.

5. Membantu proses diet
Pepaya dapat membantu program diet karena rendah kalori dan kandungan gizi yang cukup tinggi.

6. Kesehatan kulit
Anda tidak harus repot pergi kesalon jika ingin memiliki kulit sehat, bersih dan nampak berseri. Kandungan Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E dapat mengatasi kulit yang kusam atau terlihat gelap. Sedangkan Enzim pada buah pepaya bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Maka itu pepaya sering kali digunakan sebagai bahan membuat kosmetik.

7. Meningkatkan sistem imun
Saat kekebalan tubuh berkurang, dapat mengakibatkan penyakit Flu, batuk dan mudah sakit. Kandungan vitamin A dan Vitamin C berperan meningkatkan sistem imun sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

8. Mengingkatkan nafsu makan
Rasa pahit pada daun pepaya sudah lama dijadikan obat nafsu makan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh penjual jamu tradisioanl.

9. Menjaga kesehatan jantung
Vitamin A, vitamin C dan vitamin E sebagai Antioksidan yang berperan melawan radiakan bebas. Radiakan bebas sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu serangan jantung dan penyakit stroke. Selain berguna mencegah penyakit jantung, penderita stroke juga disarankan mengkonsumsi guna menghambat pertumbuhan stoke pada tubuh.

Banyak manfaat yang didapat pada buah pepaya, namun buah pepaya juga sangat berbahaya jika salah dikonsumsi.

Efek samping dari pepaya



  • Seperti buah nanas, pepaya juga bahaya bagi wanita hamil karena adanya latek yang bersifat panas.

  • jangan terlalu banyak mengkonsumsi, khususnya pepaya muda. Pepaya mentah dapat menyebabkan iritasi pada usus dan perut.

  • Beji pepaya mengandung enzim yang biasa disebut carpine, yang berupa zat beracun. Enzim ini dapat mengakibatkan mati rasa pada syaraf pusat, sehingga menyebabkan kelumpuhan atau depresi jantung.


Demikian sedikit ulasan tentang manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, dan baca juga manfaat buah naga.

2 komentar:

  1. […] Daun pepaya Pepaya memang salah satu tumbuhan yang serba guna. Dalam pengobatan ambeien, gunakan daun pepaya dan sebus […]

    BalasHapus
  2. […] artikel sebelumnya yang membahas tentang Manfaat buah pepaya, pada kesempatan kali ini serbasehat.info mencoba mengupas manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan […]

    BalasHapus