Kamis, 14 Agustus 2014

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Banyak orang menganggap buah naga berasal dari cina, namun buah yang mempunyai nama latin hylocereus polyrhizus ini merupakan asli dari Meksiko, Amerika Tengah. Sekrang ini buah naga sudah menyebar di berbagai Negara dan tentu saja buah ini juga sudah di budidayakan oleh petani lokal.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Secara umum buah naga mempunyai 2 jenis, buah naga merah dan buah naga putih. Beberapa pakar gizi berpendapat, buah naga merah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Karena banyak nya kadungan karotin, protein, kalsium, zat besi, serat, vitamin dan nutrisi sehingga menjadikan jenis merah yang paling banyak dikonsumsi.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh


1. Menjaga gigi dan tulang
Tinggi kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga sehingga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan memperkuat tulang. Dengan mengkonsumsi secara rutin dapat mencegah terjadinya tulang keropos saat sudah lanjut usia.

2. Mencegah diabetes
Dengan pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan diabetes, maka dari itu sebaiknya Anda perlu menkonsumsi Buah Naga. Karena rasa manis pada buah naga merah bukan berasal dari glukosa, maka buah ini dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

3. Sumber Antioksidan
Sumber antioksidan yang cukup tinggi diperlukan tubuh untuk mencegah dari berbagai penyakit, termasuk radikal bebas dan penyakit kanker.

4. Sumber Vitamin
Kandungan vitamin C, B1, B3, B12 bermanfaat sebagai sumber energi tubuh, penambah nafsu makan, menjadikan kulit halus, menurunkan kolesterol dan sebagainya.

5. Kulit buah naga
Bukan hanya daging nya yang memiliki banyak manfaat, ekstrak kulit buah naga pun juga sangat bermanfaat, seperti menghambat pertumbuhan sel tumor dan meningkatkan kelenturan pembuluh darah.

6. Menetralkan racun
Berbagai macam racun seperti arsen, merkuri, dan lain-lain dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi buah naga setiap harinya.

7. Kaya Serat
Kandungan serat yang cukup tinggi berguna dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

8. Kesehatan mata
Wortel sudah terkenal baik dalam menjaga kesehatan mata, namun banyak juga yang tidak suka mengkonsumsi wortel.
Anda tidak perlu khawatir, sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi buah naga karena adanya karoten.

 

Demikianlah artikel mengenai manfaat buah naga bagi kesehatan, selain itu baca juga Manfaat buah manggis.

1 komentar:

  1. […] Demikian sedikit ulasan tentang manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, dan baca juga manfaat buah naga. […]

    BalasHapus