Senin, 01 September 2014

Gejala dan Cara Pengobati Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan organ penting pada tubuh manusia yang mempunyai fungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia, yang mana berguna untuk mengeluarkan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urin. Jika Anda melakukan pola hidup yang tidak sehat, funsi ginjal dalam tubuh pun juga akan menurun, sehingga dapat memicu penyakit ginjal.

Mengobati Gejala Penyakit

Secara umum, penyakit ginjal memiliki beberapa jenis, seperti albuminuria, diabetes insipidus (kekurangan hormon anti diuretik), diabetes melitus (kencing manis), nefritis (infeksi pada ginjal), batu ginjal, gagal ginjal, polycystic (kista pada ginjal) dan masih banyak lainnya. Di antara beberapa jenis tersebut, yang sering di alami penderita adalah batu ginjal dan gagal ginjal. Nah, sebelum membahas lebih lanjut cara mengobati batu ginjal, alangkah baiknya kita harus mengetahui manfaat ginjal pada tubuh.

Manfaat dan fungsi ginjal pada tubuh :



  • Membuang sisa metabolisme

  • Mengatur volume cairan darah

  • Menjaga dan menyaring darah

  • Penghasil zat hormon

  • Mengendalikan kadar gula dalam darah


Begitu pentingnya ginjal pada tubuh, sehingga kita harus menjaga kesehatan dan mengubah gaya hidup yang tidak benar. Jika tidak, Anda akan mengalami gangguan ginjal yang ditandai dengan seperti dibawah ini.

Gejala penyakit ginjal yang harus diwaspadai :


1. Timbulnya gatal pada kulit
Dalam tubuh, ginjal berperan dalam membersihkan kotoran dalam darah, jika fungsi ginjal mengalami gangguan maka terjadi penumpukan kotoran dalam darah. Sehingga dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit jika aliran darah pada tubuh tidak lancar.

2. Mengalami sesak nafas
Gangguan pernafasan ini disebabkan karena berlebihnya cairan tubuh sehingga menutup saluran paru-paru. Hal tersebut tidak akan terjadi jika ginjal pada tubuh dalam keadaan sehat.

3. Tubuh kedinginan
Jika seseorang menderita penyakit ginjal, biasanya orang tersebut akan merasa kedinginan bahkan sampai menggigil. Hal ini desebabkab kurangnya sel darah merah bagi penderita ginjal.

4. Sakit kepala
Hal tersebut diakibatkan kekurangan yang disalurkan menuju otak. Dan dengan berkurangnya pasokan oksigen menyebabkab penderita ginjal akan mengalami sakit kepala dan sangat sudah dalam berkonsertrasi.

5. Sakit pinggang
Jika penyakit ginjal sudah masuk fase kronis, sering kali mengakibatkan sakit pada pinggang. Nah jika sudah demikian, waspadalah Anda.

Dalam mencegah, mengangani dan mengobati penyakit ginjal, dapat dilakukan secara medis dan dengan cara pengobatan tradisional. Dalam tahap pengobatan ginjal itu pun tergantung seberapa besar tingkat penyakit yang dialami penderita. Jika penyakit ginjal masuk dalam kategori parah, pengobatanya hanya bisa dilakukan dengan cuci darah dan melakukan transpalantasi ginjal. Namun jika masih tahap awal, dapat diatasi melalui terapi atau pengobatan secara alami.

Cara mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal :


Untuk mencegah dan mengatasi penyakit ginjal yang masih tahap ringan, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini. Disini serbasehat.info memberikan tips yang alami tanpa menggunakan obat dan bahan kimia lainya.

  • Dengan meminum air putih 8 gelas tiap harinya, dan pastikan air yang diminum harus bersih.

  • Jika Anda sudah merasa gemuk, segera kurangi berat badan.

  • Hindari dan kurangi rokok serta alkohol, jika perlu berhentilah merokok.

  • Hindari makanan yang mengandung kolesterol.

  • Menghindari mengkonsumsi jamu atau obat herbal yang tidak jelas asal usulnya.

  • Biasankan mengkonsumsi buah seperti buah manggis, jinten hitam dan lainya, gunak mencegah penyakit ginjal.

  • Jika perlu, pemeriksaan kondisi kesehatan tubuh secara teratur.


Seperti jantung atau pun paru-paru, ginjal merupakan salah stu organ yang sangat penting bagi tubuh. Dengan demikian, merawat dan menjaga menjaga kesehatan ginjal merupakan suatu kewajiban. Demikian lah artikel tentang Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya.

1 komentar:

  1. […] 3. Menjaga kesehatan Jantung Air kelapa hijau berperan penting dalam mengurangi hipertensi dan stroke. Selain itu, dapat mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. […]

    BalasHapus