Rabu, 24 September 2014

Manfaat Buah Semangka bagi Kesehatan

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang sangat banyak. Buah yang berdaging merah dan bundar ini menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat untuk dikonsumsi. Semangka atau Watermelon ini merupakan tanaman asli yang berasal dari daerah bergurun Afrika Tengah dan masih masuk kelompok melon, labu dan mentimun. Di Indonesia sendiri, semangka mudah ditemukan karena memang sangat mudah untuk dibudidayakan. Namun artikel kali ini bukan membahas cara membudidayakan semangka, melainkan membahas tentang manfaat buah semangka bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Semangka

Bagi kebanyakan orang, mengkonsumsi buah semangka hanya untuk menghilangkan dahaga, namun kandungan vitamin dan nutrisinya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tikak hanya buah nya yang bermanfaat, kulit dan biji buah semangka juga sangat ampuh bagi kesehatan. Kulit semangka sangat berguna untuk mangatsi penyakit ginjal, kencing manis, mengobati migrain dan menghaluskan kulit tubuh. Sedangkan biji semangka bermanfaat untuk mengatasi susah buang air besar, radang selaput usus dan radang hati.

Nah, untuk lebih lengkapnya tentang manfaat apa saja yang terkandung dalam buah semangka, berikut ini adalah ulasan khasiat buah semangka.

Manfaat dan Khasiat Semangka bagi Kecantikan dan Kesehatan


1. Membuat kulit halus
Manfaat yang pertama adalah menghaluskan kulit tubuh dan meremajakan kulit, sehingga akan terlihat seperti nampak muda. Kandungan Vitamin A dan Vitamin C pada semangka inilah yang memberi nutrisi dan vitamin yag dibutuhkan kulit tubuh. Dan selain itu, adanya Asam Amino bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda bisa menggunakan buah semangka yang di jadikan sebagai masker wajah.

2. Sebagai Antioksidan
Banyak nya likopen semangka berguna sebagai pelingdung pada tubuh. Likopen tersebut akan mencegah serangan radikal bebas dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker. Jadi, dengan mengkonsumsinya, kesehatan tubuh akan tetap terjaga dengan baik.

3. Menurunkan berat badan
Mungkin Anda selalu gagal dalam menjalankan program menurunkan berat badan? Coba sekali lagi, dengan memanfaatkan khasiat buah semangka. Kandungan Citruline dan Air yang tinggi pada semangka berguna untuk mengatasi kadar kolesterol. Kandungan kalori yang rendah, sangat cocok dijadikan bahan cemilan saat melakukan diet. Karena dengan mengkonsumsi semangka akan membuat nampak selalu kenyang.

4. Meredakan nyeri otot
Selain baik untuk perawatan kulit, Asam amino bbermanfaat untuk meredakan dan menghilangkan nyeri otot. Nah, bagi Anda yang gemar berolahraga, semangka ini bisa di manfaatkan jika suatu saat mengalami nyeri otot atau cedera otot.

5. Membantu kekuatan tulang
Semangka sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tulang, karena adanya kandungan kalsium yang dapat memperkuat tulang pada tubuh.

6. Mencegah sariawan
Kandungan viatamin dan air pada buah semangka berguna untuk mencegah dan mengobati mengobati sariawan. Penyakit sariawan menyerang penderita karena kondisi mulut merka keadaan kering, sehingga menyebabkan berkembangnya bakteri.

Selain harganya yang relatif murah, semangka sangat baik untuk dikonsumsi. Dan demikianlah beberapa manfaat buah semangka yang perlu dikehahui.

1 komentar:

  1. Always I eat fruit after lunch and dinner which can help boost internal power and help increase immunity. visit bestessayservicesreviews.blogspot.com to read reviews is one of best place for reading review who provide essay writing service at online.

    BalasHapus