Selasa, 23 September 2014

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat dan kandungan yang terdapat pada beras merah bagi kesehatan tubuh. Jika dibandingkan dengan beras putih yang dikonsumsi setiap hari, beras merah ini lebih unggul dari segi kesehatan, karena banyaknya kandungan vitamin dan gizi di dalamnya. Beras ini sendiri sering disebut beras hitam atau juga beras cokelat, karena warna asli dari beras merah adalah cokelat kehitaman.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Dalam proses penggilingan, beras merah ini berbeda dengan beras putih. Biasanya saat penggilingan, beras putih akan diproses sampai bersih, sedangkan beras merah sendiri bisa dikatakan hanya setengah proses. Nah, hal ini lah yang menyebabkab banyak nya serat karena masih adanya kadar gula. Selain itu, harga beras merah pun terbilang lebih mahal jika dibanding beras putih.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat beras merah, maka ada baiknya untuk membaca beberapa ulasan di bawah ini.

Manfaat dan Kandungan pada Beras Merah :


1. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beras merah kaya serat dan karbohidrat. Karena saat proses penggilingan yang tidak sempurna inilah yang menjadikan beras merah kaya serat, sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selama ini, beras putih mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks.

2. Kandungan zinc pada beras merah berguna bagi tubuh untuk mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dan selain itu, zat besi ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas karena bertindak sebagai antioksidan.

3. Beras merah mempunyai kadar gula yang bersumber dari karbohidrat dengan kandungan kadar yang rendah, sihingga sangat efektif untuk mencegah mengingkatnya kadar gula dalam tubuh. Nah, dengan demikian maka mengkonsumsi beras merah dapat menjadikan kadar gula tubuh menjadi lebih stabil.

4. Salah satu vitamin yang terdapat pada beras merah adalah vitamin B6. Seperti kita ketahui, vitamin ini berguna untuk membantu pembentukan sel DNA, menjaga produksi hormon serotonin, sehingga bermanfaat dalam menjaga kestabilan sel darah merah.

5. Kolesterol jahat merupakan penyakit yang umum di derita bagi seseorang yang berusia 40 tahun keatas. Dengan mengkonsumsi beras merah secara dini dan rutin bermanfaat mengurangi dan mencegah kolesterol jahat saat menginjak tua.

Demikian sedikit artikel tentang manfaat beras merah, namun beras putih masih menjadi yang terbaik karena sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Dan baca juga artikel lainya tentang, mengobati asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar