Rabu, 17 September 2014

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kelor - Pernah mendengar Daun kelor? Daun ini sering kali diucapkan seseorang untuk dijadikan peribahasa, karena daun nya memang berukuran kecil. Jangan menilai dari peenampilan luarnya, karena walaupun berukuran kecil, daun ini menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga bagi kecantikan.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh terbukti keampuhanya, karena vitamin yang terdapat pada daun kelor ternyata 4 kali lipat dari wortel dan 7 kali lipat lebih banyak dibanding buah jeruk. Disamping itu, kandungan kalsium pada daun kelor ternyata setara dengan kalsium 4 gelas susu dan potassium 3 kali dari buah pisang. Pastinya, semua orang tidak akan pernah mengira jika Daun kelor mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalam nya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kandungan daun kelor.

Berikut ini merupakan perbandingan daun kelor dengan bahan lain dalam jumlah yang sama, dengan menunjukkan hasil :

Kandungan Nutrisi Daun Kelor



  • Vitamin C pada daun kelor tujuh kali lipat dari vitamnin C yang dihasilkan Buah jeruk

  • Vitamin A pada daun kelor empat kali lipat dari vitamin A yang dihasilkan wortel

  • Kalsium yang dihasilkan daun kelor setara dengan kalsium pada empat gelas susu

  • Potassium daun kelor setara tiga buah pisang

  • Proteinnya setara dengan protein dua yogurt


Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan dan Sumber Nutrisi


1. Menyembuhkan penyakit kulit
Sejak dulu, Daun kelor sudah dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Caranya, tumbuk dahulu daun kelor sampai halus dan campur dengan kapur. Selanjutnya balurkan ke bagian tubuh yang terluka, seperti luka terbakar atau bernanah.

2. Mengobati sakit kuning
Siapkan 7 daun kelor, air kelapa hijau dan 1 sendok madu. Selanjutnya haluskan terlebih dulu daun kelor, lalu campurkan dengan air kelapa, saring air nya dan tambahkan madu. Minumlah ramuan tersebut hingga penyakit sembuh.

3. Mengobati rematik dan pegal linu
Caranya, tumbuk 2 lembar daun kelor dengan dicampur kapur sirih. Gunakan hasil tumbukan tersebut dan gosokan pada tubuh yang terasa pegal.

4. Mengobati alergi
Rebus 3 daun kelor dan campur dengan bawang merah serta adas pulasari. Saat direbus, pastikan rebus dalam waktu lama, sekiranya air tinggal setengah. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari saat pagi dan sore.

5. Mengobati sakit mata
Sakit mata dapat disembuhkan dengan tetesan air daun kelor. Tumbuk daun kelor sampai halus, kemudian campurkan air dan aduk hingga merata. Setelah itu, saring air nya dan gunakan air tersebut sebagai ramuan obat tetes mata.

Selain manfaat diatas, masih banyak manfaat dan khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh. Kandungan alami yang terdapat dalam daun kelor tidak boleh disia-siakan. Namun kenyataanya, banyak masyarakat yang belum mengetahui terntang manfaat tersebut. Demikianlah sedikit ulasan tentang daun kelor, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar