Selasa, 23 September 2014

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan Tubuh

Air merupakan sesuatu yang sangat berharga, hal ini sering kita buktikan saat sedang menjalankan ibadah puasa. Memang benar, Air adalah salah satu sumber penghidupan mahluk hidup. Sehingga jika tidak mengkonsumsi Air dalam sehari, tubuh akan terasa lemas dan tidak bertenaga. Dan perlu diketahui, tubuh manusia sendiri sebagian besar berkomposisi dari Air (cairan). Sehingga Air sangat penting bagi tubuh, bahkan melebihi makanan yang dikonsumsi.

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

Jika Anda merasa mulai haus, segera mungkin mengkonsumsi Air karena itu tandanya tubuh mulai kekurangan cairan. Air dalam tubuh manusia tidak akan bertahan lama, hal ini terjadi jika tubuh senantiasa selalu beraktifitas atau bergerak. Air yang diminum tersebut akan berubah menjadi keringat dan membantu metabolisme tubuh, sehingga Anda perlu minum Air guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Dengan mengkonsumsi Air sebenarnya tidak hanya menghilangkan rasa haus, namun Air mempunyai peran lain bagi kesehatan. Nah, berikut merupakan fungsi Air bagi tubuh yang perlu diketahui.

Fungsi dan Khasiat Air Minum bagi kesehatan tubuh


Detoksifikasi
Pernah mendengar Detoksifikasi? Detoksifikasi merupakan proses membuang dan mengeluarkan racun dalam tubuh melalui oragan sekresi. Dengan adanya Air yang cukup dalam tubuh, berguna untuk membersihakan racun yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Racun tersebut akan dibersihkan dari organ tubuh seperti ginjal dan hati, sehingga menjadikan organ tersebut menjadi tetap sehat. Jika tubuh tersebut kekurangan Air, pastinya dapat mengakibatkan menumpukanya racun pada tubuh, dan jika dibiarkan dapat mengakibatkan rusaknya funsi ginjal dan hati.

Membantu Proses Pencernaan
Air berperan penting membantu kinerja organ pencernaan, yaitu usus. Dalam tubuh, usus harus selalu mendapat pasokan Air agar proses pencernaan tidak terganggu. Jika usus kekurangan Air akan menjadi penyebab sembelit, karena usus akan menyerap zat cairan dari pembuangan lainya.

Melembabkan Organ
Jika tubuh kekurangan Air dapat mengurangi fungsi organ, seperti halnya usus tadi. Selain itu dapat merusak kesehatan kulit, yang biasa ditandai dengan kulit mengering dan terlihat kusam. Hal ini akan berlaku untuk organ lain jika tubuh kekurangan Air.

Menyeimbangkan Suhu Tubuh
Jika seseorang berada ditempat yang dingin, tubuh sedikit mengeluarkan cairan. Namun saat berada di lingkungan yang cukup panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Ini merupakan fungsi alami tubuh untuk menyeimbangkan suhu terhadap lingkungan. Sehingga ketika dilingkungan yang panas, tubuh akan memerlukan banyak Air jika dibanding dengan tempat yang dingin.

Memperlancar Sirkulasi Darah
Kurangnya air dapat menyebabkan darah mengental kental, sehingga pasokan darah menuju ke otak tidak lancar. Jika dibiarkan, dapat mengakibatkan terjadinya Anemia, Migrain dan penyakit berbahaya lainya.

Dan dengan demikian, jika dirasa mulai haus tubuh memerlukan Air dan jangan biasakan untuk mengabaikanya, karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi Air 8 gelas tiap harinya, tubuh akan mendapat manfaat dari Air yang diminumnya. Namun jangan asal mengkonsumsi Air, minumlah Air putih yang bersih dan higienis agar tubuh menjadi tetap bugar dan sehat selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar