Jumat, 19 September 2014

Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Khasiat Daun Kemangi memang tidak perlu diragukan lagi, namun selama ini sebagian orang menganggap hanya sebagai penghilang bau badan. Dengan bentuk yang kecil ini, daun kemangi menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Daun dengan nama latin Ocimum citriodorum ini merupakan hibrida antara dua spesies selasih, Ocimum americanum Ocimum basilicum. Jika dibanding dengan daun lainya, kemangi ini beraroma wangi karena adanya kandungan sitral pada daun dan bunganya. Sehingga sering digunakan sebagai bahan lalapan.

Manfaat Daun Kemangi

Bukan hanya masyarakat Indonesia yang menggunakanya sebagai lalapan, Negara lain Thailand, India, Iggris, dan Negara Eropa lainya juga memanfaatkan khasiat daun kemangi. Adanya Vitamin, Kalsium, Protein, Beta karoten, Fosfor magnesium, sehingga menjadikan daun ini sangat terkenal dari segi kesehatan dan kecantikan.

Nah, bagi yang sudah penasaran tentang manfaat apa saja yang dikandungan, berikut adalah khasiat daun kemangi yang sangat ampuh bagi kesetahan tubuh.

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan kecantikan Tubuh


1. Meningkatkan kekebalan
Banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari segala penyakit, salah satunya dengan daun kemangi. Kandungan beta karoten berguna sebagai antibodi tubuh, dan juga memperbaiki sel tubuh yang rusak. Selain itu, berguna dalam menjaga kesehatan mata.

2. Mengobati panu
Kulti bersih tanpa adanya panu, impian semua orang. Namun jika Anda memiliki panu di tubuh, daun kemangi bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan panu. Haluskan daun kemangi yang sudah dicuci, kemudian tambahkan sedikit kapur sirih. Selanjutny dioleskan pada bagian tubuh yang terdapat panu.

3. Mengobati sariawan
Jika dibiarkan, sariawan dapat mengurangi nafsu makan. Karena tiap akan menyantap makanan, pasti membuat bibir terasa perih. Dan dengan demikian, gunakan daun kemangi sebagai pengobatanya dengan cara tambahkan daun kemangi sebagai lalapan saat makan.

4. Membantu perkembangan tulang
Dalam masa pertumbuhan, kalsium sangat diperhatikan guna mempercepat pertumbuhan dan menguatkan tulang. Selama ini, mungkin hanya susu yang sering dikonsumsinya, namun Anda jangan melupakan daun kemangi. Kandungan kalium dan fosfor pada daun kemangi sangat baik dalam pembentukan tulang. Dan jika sudah menginjak remaja dan tua, berguna untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

5. Mengatasi keputihan
Kandungan senyawa eugenol bermabfaat dalam mengatasi jamur penyebab keputihan. Jika Anda atau kenalan Anda mengalami keputihan, segeralah mengkonsumsi Daun kemangi ini.

6. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan beta karoten dan magnesium berguna dalam kesehatan tubuh. Sebab, dapat membantu kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah.

7. Mengatasi Stroke
kandungan isoflavon pada daun kemagi setara dengan kacang-kacangan, seperti kedelai, kacang polong, buncis dan lainya. Jika mengkonsumsi daun kemangi secara rutin, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, sehingga berguna untuk mencegah dan mengatasi penyakit stroke.

Selain manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat yang didapat dari daun kemangi. Demikianlah artikel tentang khasiat daun kemangi bagi kesehatan. Dan bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsinya, segera biasakan mengkonsumsi daun kemangi jika tubuh Anda ingin terbebas dari segala penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar