Senin, 22 September 2014

Mengobati Asam Urat dengan Bahan Alami

Sebelum membahas tentang obat alami asam urat, sebaiknya kita ketahui dahulu tentang penyakit ini. Asam urat merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan sisa zat hasil metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal melalui urin, Zat tersebut kemudian menumpuk dan membentuk kristal di persendian. Dengan demikian, mengakibatkan rasa nyeri di persedian dan dapat memicu munculnya batu ginjal.

Bahan Alami Untuk Obat Asam Urat

Sekarang ini sudah banyak beredar dan tersedia obat asam urat yang sintetis kimiawi dan maupun yang berbahan alami atau herbal. Obat asam urat dari bahan alami sebernarnya lebih aman untuk digunakan, dan mudah untuk didapatkan. Selain itu, Anda juga dapat membuat sendiri ramuan untuk mengatasi asam urat.

Bahan-bahan tersebut sangat mudah dapat karena sudah berada disekitar kita. Berikut merupakan bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat asam urat.

Bahan Alami untuk Mencegah dan Mengobati Asam Urat


1. Menggunakan Baking soda
Campurkan ½ sendok baking soda bersama satu gelas air putih, selanjutnya meminumn tiga kali sehari. Yang perlu diperhatikan, ramuan ini tidak di peruntukan bagi seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi.

2. Menggunakan Jahe
Siapkan dulu jahe, lalu diiris tipis-tipis. Jahe bisa digunakan sebagai bahan masakan atau bisa digunakan untuk wedang jahe. Dengan minum wedang jahe setiap hari, dapat megurangi nyeri pada persendian tulang.

3. Menggunakan Jus Lemon
Buatlah jus lemon, bisa juga ditambah air dan diminum 3 gelas/hari agar kadar asam dalam darah berkurang. Lakukan secara rutin, agar kesehatan tubuh ikut terjaga.

4. Menggunakan Apel
Dengan mengkonsumsi buah apel minimal 1 buah/hari, bermanfaat untuk menetralisir kadar asam urat dalam darah. Selain itu, kandungan asam malat pada buah apel bermanfaat untuk mengurangi peradangan sendi yang menjadi penyebab rasa nyeri.

5. Menggunakan Pisang
Buah pisang bermanfaat untuk mengubah dan mengeluarkan kristal asam urat melalui urin, hal tersebut terjadi karena adanya zat Potassium pada buah pisang. Dan kandungan vitamin C yang dimiliki nya berguna meredakan dan menghilangkan rasa nyeri.

Itulah beberapa bahan yang dapat Anda gunakan dan di dapatkan secara mudah untuk mencegah dan mengurangi rasa nyeri akbiat adanya asam urat. Yang harus diketahui, ramuan alami tersebut tidak dapat menyembuhkan asam urat secara cepat. Namun juga harus dibarengi dengan olahraga rutin dan melakukan diet jika dirasa badan terlalu berat. Demikianlah sedikit ulasan tentang gejala dan penyebab asam urat.

1 komentar:

  1. […] Demikian sedikit artikel tentang manfaat beras merah, namun beras putih masih menjadi yang terbaik karena sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Dan baca juga artikel lainya tentang, mengobati asam urat. […]

    BalasHapus