Rabu, 17 September 2014

Manfaat dan Khasiat Jengkol bagi Kesehatan

Bisa dikatakan, jengkol merupakan salah satu makanan yang cukup favorit bagi sebagian orang, namun yang disayangkan aroma yang dihasilkan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Jengkol sering kita temui di rumah makan, karena sering digunakan sebagai lalapan pengganti petai. Dengan rasa yang khas tersebut, bahkan jengkol menjadi menu andalan.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Disampin itu, banyak juga orang yang tidak suka dengan Jengkol, selain menimbulkan bau mulut, dapat juga menimbulkan penyakit. Selain efek samping tersebut yang ditimbulkan jengkol, jengkol sendiri sebenarnya mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya?

Manfaat Jengkol bagi Kesehatan Tubuh


1. Jengkol memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung asam jengkolat, mineral dan vitamin. Jengkol ini bersifat diuretic sehingga berguna untuk memperlancar pembuangan urine dan sangat baik bagi penderita jantung. Karena sifat itulah, jengkol yang sangat baik mengatasi masalah pencernaan.

2. Jengkol juga sumber protein yang baik, dengan 23,3 g per 100 g kadar proteinnya, jauh melebihi tempe yang sudah terkenal sebagai sumber protein nabati, tempe sendiri hanya 18,3 g/100 g. Selain berguna untuk pemeliharaan dan membantu pertumbuhan, protein berfungsi membangun enzim, imunitas tubuh dan hormon. Karena itu lah, protein lebih dikenal dengan sebutan zat pembangun.

3. Zat besi pada jengkol tergolong tinggi, sehingga sangat baik dalam mencegah dan mengatasi anemia. Anemia merupakan suatu penyakit yang berbayahan, karena dapat menyebabkab penderita menjadi lemah, cepat lelah, kurang bergairah, dan rentan terkena segala penyakit lainya.

4. Jengkol sangat baik untuk kesehatan tulang, karena kandungan kalsium yang tinggi, yakni 140 mg/ 100 g.
Kalsium dalam tubuh berperan dalam pembentukan tulang dan gigi, serta mengatur dan menyeimbangkan proses biologis pada tubuh. Saat seseorang masih dalam proses pertumbuhan, kalsium sangat di perlukan bagi tubuh.

5. Jengkol bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan asam dan mineral yang tinggi. Namun asam jengkolat pada jengkol ini tidak mudah larut dan berbentuk Kristal, sehingga dapat menimbulkan efek bahaya jika mengonsumsi berlebihan.
.
Selain berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jengkol dapat menimbulkan efek samping jika di konsumsi secara berlebihan dan terus menerus.

Bahaya Makan Jengkol secara Belebih


1. Jengkolan sendiri merupakan penyakit dimana seseorang tidak bisa buang air kecil disaat setelah Ia mengkonsumsi jengkol. Hal tersebut terjadi karena kandungan asam pada jengkol, kadungan asam ini tidak larut dalam air karena berbentuk kristal. Sebenarnya dapat dicegah, asalkan jangan terlalu banyak mengkonsumsinya.

2. Bau tidak sedap yang dihasilkan jengkol ini merupakan asam amino yang terdapat pada biji jengkol. Saat seseorang mengkonsumsi jengkol, dalam tubuh asam amino akan menghasilkan komponen flavor, sehingga memunculkan bau busuk.

Jika Anda merupakan yang hobi makan jengkol, Anda tidak perlu cemas akibat efek samping yang ditimbulkan. Silahkan jika ingin mengkonsumsinya, namun harus dibatasi atau secukupnya, dan jangan makan secara berlebihan. Demikianlah sedikit ulasan tentang manfaat jengkol bagi kesehatan dan akibat mengkonsumsi jengkol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar