Kamis, 17 Juli 2014

Cara Cepat Mengobati Sengatan Lebah

Mengobati Sengatan Lebah - Hewan yang satu ini merupakan jenis hewan yang kaya manfaat, terutama dalam hal penghasil madu. Dalam pengobatan tradisional pun, lebah kadang digunakan sebagai media pengobatan. Walaupun begitu, Anda juga perlu mewaspadai dengan hewan ini, karena lebah merupakan hewan yang dapat menyengat. Sengatan lebah tentunya akan menghasilkan rasa yang menyakitkan, apabila mereka tidak tahan bisa bikin menangis, demam dan menjadikan bengkak. Sebenarnya, lebah tidak asal menyengat korban jika tidak merasa terancam, karena lebah cuma bisa menyengat sekali seumur hidup.
Cara Cepat Mengobati Sengatan Lebah

Cara yang paling aman untuk menghindari sengatan, jangan mengusik lebah dan kalau perlu menghindar jika ada lebah. Namun jika sudah terlanjur kena sengatanya, langkah awal dengan mencabut sengatan yang menempel di kulit untuk menghindari terjadinya infeksi serius pada kulit. Setelah sengatan tersebut dicabut, Anda dapat melakukan metode pengobatan alami seperti dibawah ini.

 

Tips Mengobati Gejala Sengatan Lebah secara Alami


1. Kompres Dengan Es Batu
Sebelum dikompres dengan es batu, cabut terlebih duhulu sengatan lebah yang menempel di kulit. Selanjutanya tempelkan es batu di area kulit yang terkena sengatan, tujuanya untuk menjadikan area tersebut menjadi mati rasa sehingga menurangi rasa nyeri serta pembengkakan akibat sengatan. Jagan terlalu lama saat menempelkan es batu nya, cukup kompreskan selama 10 menitan.

2. Menggunakan Pasta Gigi
Kadang pasta gigi digunakan untuk pertolongan pertama jika terkena luka bakar ringan, selain itu dapat digunakan untuk mengatasi sengatan lebah. Kandungan zat alkalin pada pasta gigi dapat bekerja untuk menetralkan racun, sebabnya zat alkalin mempunyai sifat asam. Dan juga terdapat kandungan lain yaitu gliserin, yang mana berguna untuk mengeluarkan racun. Nantinya kulit yang di olekan pasta gigi akan berdampak menjadi iritasi, untuk mengatasinya cukup bersihkan kulit tersebut sampai bersih.

3. Menggunakan Pepaya
Pepaya juga bisa Anda jadikan pilahan untuk mengatasi sengatan, karena adanya papain yang berguna menetralkan racun. Cara menggunakanya cukup gosokan pepaya pada area kulit yang terkena sengatan. Namun jika kulit Anda mudah iritasi, sebaiknya jangan menggunakan pepaya secara berlebihan atau jika perlu jangan menggunakanya. Jika Anda pepaya ini, jika muncul ruam atau iritasi di kulit, bersihkan kulit tersebut sampai bersih agar iritasi tidak meluas.

4. Menggunakan Tembakau
Cara ini mungkin perlu Anda coba untuk dijadikan alternatif. Siapkan temabakau secukupnya, lalu basahi tembakau dengan air hangat agar zat tembakau cepat keluar. Setelah itu tempelkan tempabau tadi pada kulit yang terdapat sengatan, termbakau disini berfungsi untuk menetralkan racun.

5. Menggunakan Minyak Lavender
Minyak Lavender berguna untuk menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan, cara penggunaanya dengan cara mengoleskan pada area kulit yang terkena sengatan lebah.

 

Cara tersebut diatas merupakan langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati sengatan lebah, jika sakit masih berlanjut sebaiknya periksakan ke ahlinya.

1 komentar:

  1. […] Mengobati Sengatan Lebah Anda pernah mengalami insomnia, atau sulit tidur meski sudah sangat mengantuk Kondisi ini memang sering terjadi, terutama jika merasa terganggu oleh sesuatu di sekitar yang menjadi penyebab Anda tidak bisa tidur. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah kurang tidur tersebut. […]

    BalasHapus